Semangat untuk berbenah

Tak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri.., mungkin pepatah itulah yang bisa kita tarik maknanya dalam menyikapi sebuah kegagalan. Walaupun sebenarnya ada batas yang tidak bisa kita abaikan... yakni izin tuhan. Karena walau bagaimana pun kerasnya usaha seseorang, tak akan berguna jika tuhan tidak mengizinkan, akan tetapi kita sebagai hamba yang tidak berdaya tidak boleh menyerah begitu saja.

Ingat bahwa dalam suatu keterangan " Bahwa Allah Swt tidak akan merubah suatu kaum hingga kaum itu berusaha untuk merubahnya sendiri " dan inilah yang seharusnya jadi cambuk semangat agar kita selalu berusaha dan berikhtiar.


Semangat yang harus kita tumbuh kembangkan yaitu semangat untuk terus berbenah diri, memperbaiki dan selalu menjadikan pengalaman yang telah lalu sebagai pelajaran yang berharga serta jangan mengulang kembali kesalahan yang telah lalu.

Ingatlah satu pepatah yang mengatakan bahwa " Jangan sampai jatuh dilubang yang sama untuk kedua kalinya " atau " Pengalaman adalah guru yang paling baik ". Bangsa kita beberapa Dasawarsa kadang-kadang jatuh dilubang yang sama. Contohnya penambahan hutang ke luar negeri yang selalu bertambah dan semakin bertambah. Padahal kita tahu, hutang luar negeri itu akan berdampak tersanderanya bangsa ini dibawah bayang-bayang negara lain.

Dan bahkan tidak mungkin, kebijakan-kebijakan bangsa kita akan disetir oleh perusahaan-perusahaan asing, jadi seharusnya sifat BERDIKARI ( Berdiri diatas kaki sendiri ) harus sesegera dimiliki oleh pemimpin bangsa ini.

Harapan yang membuncah dari masyarakat kita adalah bangsa ini jadi bangsa yang berdaulat, bermartabat dan lepas dari pengaruh-pengaruh asing yang membawa kepentingan-kepentingan feodalisme, hedonisme, kapitalisme, individualisme dan budaya-budaya merusak lainnya.

Ayo, bangunlah generasi penerus bangsa.... jadilah pribadi yang berdikari dan berguna bagi bangsa ini dengan selalu memperbaiki diri.  

Diberdayakan oleh Blogger.